Kuliner Legendaris Pekalongan, Soto Tauto Pak Tjarlam

banner 120x600

BERITAU.ID – Pekalongan, sebuah kota yang tidak hanya terkenal dengan batiknya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya.

Salah satu kuliner yang patut dicoba adalah Soto Tauto, yang biasa disebut Tauto oleh masyarakat setempat.

banner 325x300

Bagi para pelancong yang ingin merasakan kelezatan kuliner khas Pekalongan ini, cukup mudah menemukannya di berbagai wilayah di Kota Pekalongan.

Salah satu tempat yang cukup legendaris untuk menikmati Soto Tauto adalah di Tauto Pak Tjarlam, yang berlokasi di Pasar Senggol Pekalongan.

Warung ini terletak di utara Alun-alun Pekalongan, tepatnya di Jalan A. Yani Sugihwaras Pekalongan.

Meskipun warung ini memiliki tampilan yang sederhana, namun rasanya sudah terkenal enak dan khas di kalangan pengunjung setia.

Tidak hanya dari segi tampilan warung yang sederhana, tetapi peralatan yang digunakan di sini juga masih tradisional.

Kuah soto masih dimasak menggunakan kwali besar, dan terdapat gerobak bakul mini untuk menyiapkan berbagai bahan Soto Tauto.

Harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, dengan harga sekitar Rp20.000 per porsi Soto Tauto dengan lontong.

Soto Tauto disajikan dalam mangkok kecil atau mangkok cina.

Biasanya, bahan karbo seperti nasi atau lontong menjadi bahan pertama yang disajikan di mangkok.

Pembeli diberi opsi apakah ingin karbo dicampur atau dipisahkan dengan kuah soto. Selanjutnya, ditambahkan daging atau jeroan sesuai selera pembeli.

Bumbu tauco kental dan aneka topping seperti daun bawang dan mie soun kemudian ditambahkan sebelum kuah soto disiram kembali.

Salah satu keunikan dari Soto Tauto Pak Tjarlam adalah bumbu atau pasta tauco yang tidak dicampur langsung, sehingga pembeli dapat mencicipinya secara langsung.

Bumbu tauco ini memberikan rasa asam-asam khas fermentasi yang membuat cita rasa soto semakin lezat.

Di sini juga disediakan berbagai kondimen pendamping seperti tempe mendoan atau kerupuk untuk menemani santapan Anda.

Bagi Anda yang menyukai bumbu tauco yang digunakan di Soto Tauto Pak Tjarlam, Anda juga dapat membelinya.

Penjual menyediakan bumbu tauco untuk dijual kembali dengan harga yang terjangkau.

Bumbu tauco ini bisa digunakan untuk membuat soto daging atau soto ayam, serta bisa juga untuk berbagai masakan lainnya seperti pindang atau sebagai sambal pendamping tempe goreng.

Dengan cita rasa yang khas dan harga yang terjangkau, tidak mengherankan jika Soto Tauto Pak Tjarlam menjadi salah satu destinasi kuliner favorit di Kota Pekalongan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menyantap kelezatan Soto Tauto saat berkunjung ke Pekalongan!

Kutipan Tjarlam, pemilik warung Soto Tauto Pak Tjarlam: “Soto Tauto adalah warisan kuliner yang telah kami jaga dan lestarikan selama bertahun-tahun. Kami senang melihat banyak orang menikmati cita rasa khas dari masakan kami.”

Dengan begitu, Pekalongan tidak hanya memiliki keindahan budaya dan alam, tetapi juga kekayaan kuliner yang patut dijelajahi oleh para pelancong.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *