Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kesehatan Nasi Jagung

banner 120x600

BERITAU.ID – Nasi jagung sebagai makanan tradisional tak banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Padahal nasi jagung punya manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Nasi jagung mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B, fosfor, magnesium, dan zat besi.

banner 325x300

Nasi jagung juga lebih kaya serat dan nutrisi disertai indeks glikemik rendah dibanding nasi putih biasa, sehingga cocok bagi pelaku diet dan penderita penyakit diabetes.

Karenanya, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat jika mengkonsumsi nasi jagung. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Memberikan Energi: Seperti nasi putih, nasi jagung berfungsi sebagai sumber energi rendah kalori karena kaya akan karbohidrat dan serat. Tubuh memecah karbohidrat dari jagung menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi utama untuk sel, jaringan, dan organ tubuh. Kandungan seratnya juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

2. Menjaga Berat Badan Ideal: Nasi jagung mengandung serat yang mengenyangkan. Saat proses pencernaan, serat larut air dalam jagung membentuk material seperti gel yang berdiam lama di perut. Ini membantu mengurangi nafsu makan dan dapat membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah: Nasi jagung mengandung serat yang membantu mengendalikan gula darah. Serat jenis larut air memperlambat pengosongan lambung dan penyerapan gula, sehingga cocok sebagai pengganti nasi putih untuk pasien diabetes tipe 2.

4. Memelihara Kesehatan Tulang: Kandungan nutrisi dalam nasi jagung, termasuk fosfor dan magnesium, mendukung kesehatan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Mata: Vitamin B dan zat besi dalam nasi jagung berperan dalam menjaga kesehatan mata.

6. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal: Kandungan serat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Serat dan nutrisi dalam nasi jagung berkontribusi pada kesehatan jantung.

8. Menyokong Fungsi Otak: Nutrisi seperti tiamin (Vit. B1) dan riboflavin (Vit. B2) dalam nasi jagung mendukung fungsi otak. (teh)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *