58.011 Anak di Batang Sudah Diimunisiasi Polio Tahap 2

banner 120x600

BERITAU.ID, BATANG – Setelah suksesnya tahap pertama pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, kini tahap kedua telah dimulai di Kabupaten Batang. Sebanyak 58.011 anak telah mendapatkan imunisasi, menandai keseriusan dalam melindungi generasi muda dari ancaman virus polio.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Batang, Ery Saraswanto, capaian imunisasi polio tahap 2 mencapai sekitar 40,5 persen pada hari ketiga pelaksanaannya.
“Imunisasi polio tahap 2 ini adalah kelanjutan dari tahap sebelumnya, yang mengharuskan anak-anak yang sudah menerima imunisasi tahap 1 untuk mengikuti tahap 2. Hal ini penting untuk memastikan perlindungan yang optimal, karena vaksinasi harus dilakukan secara lengkap sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan,” ujar Erya.

banner 325x300

Pelaksanaan imunisasi tahap 2 ini salah satunya dilakukan oleh tim medis di Puskesmas Batang 1. Sekitar 4 ribu anak usia 0-7 tahun menjadi sasaran penerima imunisasi pada tahap ini. Koordinator imunisasi, Anie Nisfulaeli, menyatakan bahwa dosis vaksin yang diberikan pada tahap 2 tidak mengalami perubahan, tetapi hanya sebagai pelengkap dari tahap sebelumnya.

“Upaya pelaksanaan imunisasi akan terus dilakukan dengan menggelar sweeping ke Puskesmas Pembantu dan beberapa sekolah yang belum dijangkau oleh petugas. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua anak mendapatkan perlindungan yang sama terhadap virus polio,” ujar Anie Nisfulaeli.

Respons masyarakat terhadap program imunisasi ini cukup baik. Guru Kelompok Bermain Aisyiyah, Ikom Salafiyah, menyatakan bahwa sebagian besar anak-anak yang dihadapinya sudah siap untuk divaksin. Namun, beberapa anak harus menunggu karena kondisi kesehatannya belum memungkinkan. (lis)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *