Ini Beragam Manfaat Bunga Telang yang Perlu Kamu Tahu

BERITAU.ID – Bunga telang (Clitoria ternatea), yang juga dikenal sebagai butterfly pea, bukan hanya indah dipandang, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menarik. Berikut adalah beberapa manfaat bunga telang yang patut diperhatikan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Bunga telang telah diuji terhadap berbagai bakteri dan terbukti mampu melawan bakteri ketika dicerna secara teratur. Minum teh bunga telang selama musim dingin atau pancaroba dapat membantu meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh dari penyakit flu atau pilek.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Metabolisme aktif yang sehat penting untuk menjaga berat badan yang seimbang. Bunga telang dapat membantu meningkatkan efek dari norepinefrin, hormon pembakar lemak, sehingga membantu proses pembakaran kalori.

3. Anti-Penuaan
Bunga telang mengandung senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan memperlambat efek penuaan. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan mengurangi kerutan.

4. Antiinflamasi
Bubuk bunga telang telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic karena sifat antiinflamasinya. Penelitian menunjukkan bahwa bunga telang dapat mengurangi suhu tubuh ketika mengalami peradangan.

5. Menurunkan Tekanan Darah dan Gula Darah
Bunga telang juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan gula darah.

Untuk mengonsumsi bunga telang, Anda dapat membuat teh berwarna biru dari bunga ini. Selain itu, bunga telang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang menarik. (teh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *