Syahdunya Telaga Mangunan Petungkriyono yang Punya Pemandangan ala Film

BERITAU.ID,PEKALONGAN – Ingin menjelajah di Kecamatan Petungkriyono? Objek wisata Telaga Mangunan atau Telaga Sigebyar tidak boleh kamu lewatkan.

Telaga yang berada di Desa Tlogohendro ini berada di lereng dataran tinggi Dieng sebelah utara. Di sini pengunjung juga bisa menemukan tanaman khas dataran Dieng, seperti Carica yang tumbuh subur di sekitar telaga. Selain itu suasana perjalanan juga disuguhkan dengan hamparan ladang pertanian warga. Mulai dari wortel, kentang dan aneka komoditas lainnya. Untuk perjalanan menuju telaga ini dibutuhkan waktu sekitar 40-60 menit dari Alun-alun Kajen.

Dibanderol Rp5 Ribu, HTM untuk ke Telaga Mangunan ini sangat ramah di kantong. Pengunjung bisa merasakan sensasi dinginnya dataran tinggi Dieng. Tak hanya disuguhkan dengan telaga berwarna hijau kecoklatan ini, pengunjung jika dibuat terpesona dengan deretan perbukitan hijau Dieng.

Suasana yang asri pun membuat pengunjung betah berlama-lama sembari menghirup udara segar. Terlebih jika kabut sedang turun, maka suasana pun bisa berubah semakin eksotis. Gradasi warna kehijauan berselimut kabut ini pun bisa menjadi panorama yang begitu indah.

Tentunya tak lengkap jika tak mengabadikan keindahan panorama ini dengan berswa foto. Pihak pengelolapun sudah menyediakan beberapa spot foto yang ada di sekitar telaga, mulai dari spot foto taman bunga, spot foto di jembatan apung, dan juga spot foto di beberapa titik lainnya.

Jika ingin mengunjungi telaga ini, aku saranin kalian untuk membawa atau memakai jaket. Terlebih bagi yang berkendara menggunakan motor, karena suasana di sini lumayan dingin, apalagi kalau sedang kabut turun.

Turunnya kabut ini turut menambah syahdu suasana di sini. Apalagi jika dinikmati bersama orang terkasih, sembari menyeruput hangatnya kudapan.
Di sini juga tersedia beberapa warung yang menjajakan menu lokal. Seperti mie rebus, mendoan ataupun sekadar minuman hangat. Harganya pun cukup terjangkau untuk kantong wisatawan.

Telaga Mangunan juga menawarkan tour keliling telaga dengan menaiki perahu. Dengan biaya Rp10 Ribu, wisatawan bisa berkeliling selama 10 menit. Pemandangan di tengah telaga pun pastinya sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan apik, di sini juga disediakan anek fasilitas pendukung. Seperti tempat cuci tangan, musala, toilet dan juga memiliki aula pertemuan. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berkemah di area telaga ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *