Budaya  

Seribuan Pasukan Meriahkan Kirab Bendera Merah Putih Haul Kiai Surgi

banner 120x600

BERITAU.ID, BATANG – Sebanyak 1.500 dari lintas kalangan ikut memeriahkan Kirab Bendera Merah Putih, memperingati Haul Kiai Surgi Batang, Jumat Siang (16/2/2024).

Pasukan tersebut juga turut membentangkan bendera merah putih raksasa sepanjang 200 meter. Mereka terdir dari TNI, Polri, Pelajar SMP, Pelajar SMA, ASN, dan organisasi masyarakat.

banner 325x300

“Hari ini masyarakat Kabupaten Batang memperingati Haul Kiai Hasan Suruh Jatikusumo yang merupakan sosok bersejarah yang telah melawan penjajah Belanda,” kata Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai melepas kirab Merah Putih di Depan Rumah Dinas Bupati Batang, Kabupaten Batang, Jumat (16/2/2024).

Rute Kirab Merah Putih dimulai dari Rumah Dinas Bupati Batang, menuju Jalan Ahmad Yani, sampai Makam Astana Pasekaran.

Kirab Merah Putih memang diselenggarakan setiap setahun sekali tapi pada tahun ini sedikit pasukannya karena masih dalam suasana Pemilu 2024 jadi dibuat lebih simpel tapi masih tetap sama seperti tahun sebelumnya.

“Merah Putih adalah simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, kita harus menjaga dan menghormati seperti kirab ini,” tegasnya.

Pada Kirab Merah Putih pula para pelajar membentangkan bendera Merah Putih raksasa sebagai lambang negara, sekaligus lambang harga diri.

“Sebagai warga yang cinta tanah air kita tidak boleh terpecah belah. Karena kemerdekaan ini diraih dengan perjuangan,” tandasnya. (Lis)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *