Ratusan Calon Jamaah Haji Batang Mulai Lakukan Pelunasan

Calon jemaah haji Kabupaten Batang mulai melunasi pembayaran haji

BERITAU.ID, BATANG -Ratusan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Batang telah memadati Bank Syariah setempat, memulai tahap pelunasan biaya ibadah haji untuk tahap 1.

Proses pelunasan ini berlangsung mulai 10 Januari hingga 12 Februari 2024.

Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batang, Lutfi Hakim, tahap pertama ini ditujukan khusus untuk Calhaj reguler yang mendaftar pada tahun 2012 dengan nomor porsi sesuai Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

“Dalam tahap ini, sebanyak 662 Calhaj Kabupaten Batang diwajibkan untuk melunasi biaya ibadah haji sejumlah Rp31,8 juta,” ujar Lutfi Hakim di ruang kerjanya, Senin (5/2/2024).

Pelunasan biaya ibadah haji tahap kedua dijadwalkan akan dibuka pada 5 – 25 Maret 2024.

Tahap ini diperuntukkan bagi mereka yang mengalami kendala sistem pada tahap pertama, termasuk jamaah yang melakukan pendaftaran selama lima tahun terakhir.

“Serta pendamping Lansia, yang diprioritaskan telah mendaftar selama lima tahun, dengan kuota 36 jamaah dengan rentan usia antara 84 – 94 tahun. Pendamping jamaah haji Lansia prioritas hanya diperbolehkan bagi anak kandung dan menantu,” tambahnya.

Menurut data dari Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, sebanyak 360 dari 662 Calhaj telah berhasil melakukan pelunasan biaya ibadah haji.

Salah satu Calhaj, Sudiono (64), warga Blado, telah melunasi biaya ibadah hajinya di salah satu Bank Syariah di Kota Batang.

Ia berbagi pengalamannya, “Biaya pelunasannya sekitar Rp31,8 juta, dengan setoran awal haji sebesar Rp25 juta.”

Meskipun harus mengeluarkan biaya lebih, Sudiono tidak mempermasalahkannya asalkan dapat berangkat ke Tanah Suci. “Buat saya yang penting bisa berangkat ke Tanah Suci. Biaya pelunasannya ya mengumpulkan dulu,” ungkapnya.

Seluruh persiapan telah dilakukan oleh para Calhaj, termasuk proses manasik haji dan kesiapan fisik.

Mereka rutin melakukan olahraga ringan untuk menjaga kondisi fisik tetap prima.

Proses pelunasan ini menjadi langkah konkret dalam mewujudkan impian mereka untuk menjalani ibadah haji pada pemberangkatan Mei 2024 mendatang. (Won)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *