Kakap Mas, Terobosan Pemulihan Industri Perikanan Pekalongan

banner 120x600

BERITAU.ID, PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan meluncurkan Inovasi Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat (Kakap Emas) sebagai langkah untuk memulihkan kejayaan sektor perikanan di wilayah tersebut.

Langkah ini diapresiasi oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, yang menyebut inovasi ini sebagai langkah positif dalam membangkitkan semangat kolektif untuk mengembangkan sektor perikanan.

banner 325x300

“Inovasi Kakap Emas mencakup 19 inovasi dalam berbagai aspek sektor perikanan, mulai dari perikanan tangkap, budidaya, hingga manajemen,” ujar Walikota Pekalongan.

Salah satu inovasi yang diunggulkan adalah Program TPI Lunas, di mana pembayaran lelang ikan dilakukan secara instan setelah proses lelang.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kualitas ikan yang diperdagangkan.

Selain itu, kebersihan dan transparansi lelang juga menjadi fokus dalam program ini.

Mas Aaf, sebagai salah satu pelaku inovasi, menjelaskan tentang inovasi budidaya perikanan yang melibatkan teknologi super intensif.

Program tambak milenial bertujuan untuk menggandeng generasi muda dalam mengembangkan sektor perikanan.

Di samping itu, Pemkot juga memberikan dukungan berupa bibit ikan dan pendirian kolam ikan terpadu di berbagai lokasi, seperti di Ponpes Al-Maliki Kuripan Kertoharjo.

Tak hanya sebagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kakap Mas juga diintegrasikan dalam Perencanaan Pengembangan Kota.

Pekalongan, yang dikenal dengan kekayaan budaya batiknya, juga memiliki potensi besar dalam sektor perikanan.

Produk olahan seperti fillet ikan, sambel terasi dari rebon udang, kerupuk ikan, hingga bakso ikan, menunjukkan potensi besar yang dimiliki daerah ini.

Upaya peningkatan pemasaran diharapkan dapat menjadikan produk-produk tersebut lebih dikenal luas.

“Dengan rencana pembangunan Pelabuhan Onshore pada tahun 2025, harapan kami kejayaan perikanan Kota Pekalongan akan kembali bersinar,” tambahnya.

Inovasi Kakap Mas bukan hanya sekadar langkah inisiatif lokal, namun juga menjadi bagian dari upaya bersama untuk mengoptimalkan potensi perikanan sebagai salah satu sektor ekonomi yang penting bagi kesejahteraan masyarakat Kota Pekalongan.

Dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, diharapkan dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi perkembangan perikanan di masa depan.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *