Budaya  

Jalan KH Ahmad Rifa’i, Penghormatan untuk Pahlawan Nasional dari Batang

banner 120x600

BERITAU.ID, BATANG – Sebuah jalan di Kabupaten Batang kini mengusung nama salah satu pahlawan nasional asal daerah tersebut, yaitu KH Ahmad Rifa’i. Jalan tersebut adalah Jalan Petamanan-Sidomulyo yang memiliki panjang sekitar 7 kilometer dan melewati Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung.

Desa Kalisalak merupakan tempat bersejarah karena di sana terdapat petilasan atau bekas pesantren yang didirikan oleh KH Ahmad Rifa’i. Pesantren tersebut menjadi pusat perjuangan melawan penjajah Belanda pada masa lalu. KH Ahmad Rifa’i sendiri lahir di Kendal, tetapi dibuang ke Batang oleh pemerintah kolonial karena dianggap mengganggu.

banner 325x300

Pemberian nama Jalan KH Ahmad Rifa’i merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Batang terhadap jasa-jasa beliau. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang, Nur Faizin.

“Langkah Pemda sudah tepat. Ini juga sebagai edukasi bagi generasi muda agar mengenal tokoh-tokoh pejuang dari daerahnya sendiri,” kata Faizin.

Faizin menambahkan bahwa proses pengusulan nama jalan tersebut berlangsung cukup cepat karena momen yang tepat. Surat Keputusan (SK) tentang nama jalan tersebut dikeluarkan pada 14 November 2023. Pergantian nama jalan itu bersamaan dengan Jalan Abdurrahman Wahid di Kecamatan Warungasem.

“Ini melewati petilasan yang dulu merupakan pesantrennya, jadi pas dinamakan Jalan KH Ahmad Rifa’i,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Batang, Endro Suryono, mengatakan bahwa jalan tersebut memiliki lebar antara 4 hingga 5 meter. Di bekas pesantren KH Ahmad Rifa’i, kini telah berdiri sebuah museum yang menyimpan berbagai benda peninggalan dan dokumentasi perjuangan beliau.

Ia berharap dengan adanya nama jalan ini, masyarakat dapat lebih menghargai dan meneladani semangat KH Ahmad Rifa’i dalam berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan bangsa.

“Sudah resmi, SK-nya tertanggal 14 November 2023. Yang diusulkan jalan Petamanan-Sidomulyo panjangnya sekitar 7 kilometer, dengan lebar 4 hingga 5 meter,” terangnya. (teh)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *