HORE! Honor KPPS dan Linmas Kota Pekalongan Sudah Cair

PEMILU 2024

 

BERITAU.ID, Kota Pekalongan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan telah mengonfirmasi bahwa semua honor dan operasional Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kota Pekalongan yang bertugas di Pemilu 2024 telah dibayarkan tepat waktu.

Pembayaran honor bagi KPPS dan Satlinmas tersebut dilakukan di sekretaris Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau masing-masing kelurahan pada Kamis (15/2/2024).

Menurut Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda, pembayaran honor para KPPS dan Satlinmas dilakukan tepat sehari setelah hari pencoblosan Pemilu 2024 atau tanggal 15 Februari 2024 secara tunai (cash) sesuai dengan instruksi KPU RI.

Fajar juga menegaskan bahwa besaran honor untuk petugas pada Pemilu 2024 ini lebih tinggi dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya.

“Dalam Pemilu 2024, gaji atau honor KPPS mengalami peningkatan signifikan. Ketua KPPS menerima honor sebesar Rp1,2 juta, sedangkan anggota KPPS menerima honor sebesar Rp1,1 juta. Selain itu, para KPPS juga mendapatkan fasilitas berupa pulsa untuk telepon seluler, uang makan, dan vitamin,” ungkapnya saat dikonfirmasi di Kantor KPU setempat, Jumat (16/2/2024).

Lebih lanjut, Fajar juga menjelaskan bahwa honor Satlinmas untuk Pemilu 2024 juga mengalami kenaikan dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya.

“Honor Linmas Pemilu 2024 naik menjadi Rp700 ribu dari sebelumnya Rp650 ribu pada Pemilu 2019,” tambahnya.

Pada Pemilu 2024, sebanyak 6.167 orang KPPS dan 1.762 orang Satlinmas ditugaskan untuk mengawal pesta demokrasi di Kota Pekalongan. Mereka disebar ke 881 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kota Pekalongan.

Fajar menilai bahwa hingga saat ini, penyelenggaraan Pemilu berjalan lancar dan kondusif tanpa adanya pemotongan gaji terhadap KPPS dan Satlinmas yang bertugas.

“Semoga honor yang diberikan kepada mereka dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kami juga ingin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu 2024,” pungkasnya.

Dengan pembayaran honor yang tepat waktu dan peningkatan besaran honor bagi petugas Pemilu, diharapkan semakin meningkatkan semangat dan kinerja para penyelenggara Pemilu dalam melaksanakan tugas mereka dengan baik dan bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *