Jadi Pioner di Batang, MGMP IPS SMP Kabupaten Batang Implementasikan e-Kinerja Platform Merdeka Mengajar

banner 120x600

BERITAU.ID, BATANG – Komunitas Belajar IPS SMP Kabupaten Batang menggelar Bimtek Pengembangan Kompetensi terkait Literasi melalui PMM, dalam kerangka menyambut Hadirnya kebijakan baru terkait pengelolaan kinerja yakni e-Kinerja PMM terintegrasi e-kinerja BKN, Kamis 11 Januari 2024.

Langkah ini turut diapresiasi
Sekretaris Disdikbud Batang Budiono. Menurutnya MGMP IPS sudah memulai start di awal, sehingga harus selalu menjaga konsistensi sampai akhir mencapai tujuan sehingga sampai finish.

banner 325x300

Menurutnya, menjadi Guru milenial adalah tuntutan di era digitalisasi, Saat ini semua guru dari jenjang usia adalah guru milenial yang tidak boleh gaptek terhadap perkembangan yang ada.

“Karena saat ini era digitalisasi, maka semua guru harus meng_upgrade diri menjadi guru yang berkualitas dengan mengembangkan kompetensi nya melalui berbagai pelatihan pelatihan baik yang difasilitasi oleh MGMP atau yang lain,” jelasnya.

Menurutnya, guru harus mengikuti aturan yang berlaku saat ini. Guru harus memahami IKM sehingga dapat menyesuaikan diri.
Dimulai dari memahami raport pendidikan, refleksi , rencana kerja, rencana anggaran, sampai rencana kerja guru yang tertuang dalam SKP. Saat ini SKP guru sudah ngelink dengan PMM.

Ia menambahkan, pengelolaan e-kinerja mulai tahun ini sudah langsung terhubung dengan Kemendikbud secara langsung melalui PMM. Karena itu guru harus mau belajar meningkatkan kompetensi nya baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional.
Tugas utama membawa murid menjadi generasi emas menghadapi tahun 2045 memiliki tantangan yang berat.
Berbagai pelatihan sangat dibutuhkan.

Ketua Komunitas MGMP IPS SMP Kabupaten Batang, Wulan Dwi Aryani menjelaskan Bimtek ini diikut oleh 100 guru IPS dan 35 Guru mapel yang lain, dengan durasi 4 pertemuan, baik secara daring maupun luring.

“Oleh karenanya kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan MGMP IPS. Dan berharap semua guru mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk meng upgrade pengetahuan dan mempraktekkan dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya.

Pihaknya berusaha menjadi pionir untuk mengurai kegalauan anggota kami.

“Bimtek ini kami gelar untuk menyambut hadirnya kebijakan baru terkait pengelolaan kinerja yakni e-Kinerja PMM terintegrasi e kinerja BKN. Harapan kegiatan guru memahami dan mampu merencanakan e-kinerja PMM serta mengumpulkan bukti dukungnya,” imbuhnya.

Koordinator MGMP IPS SMP Kabupaten Batang, Sugiarto turut mensupport semua kegiatan yang di laksanakan anggotanya
dan berharap MGMP IPS tetap menjadi komunitas belajar yang terdepan. (Lis)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *