Site icon Beritau

Inilah Sejumlah Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jantung

 

BERITAU.ID -Air kelapa muda, dikenal juga dengan nama ilmiah Cocos Nucifera, terkenal akan segudang manfaatnya bagi kesehatan.

Bukan hanya sebagai penghilang dahaga yang menyegarkan, minuman ini juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Dengan kandungan seperti antioksidan dan elektrolit, air kelapa muda efektif dalam mengatasi dehidrasi ringan serta dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Nutrisi penting yang terkandung di dalamnya menjadikan air kelapa muda sebagai minuman yang mendukung kesehatan tubuh.

Elektrolit yang terkandung di dalamnya sangat tinggi, sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, inilah komposisi nutrisi dalam 100 gram air kelapa muda:

– Air: 95.5 g
– Karbohidrat: 3.8 g
– Protein: 0.2 g
– Kalium: 149 mg
– Kalsium: 15 mg
– Fosfor: 8 mg
– Natrium: 1 mg
– Vitamin C: 1 mg
– Energi: 17 Kal

Berbanding terbalik dengan kelapa yang lebih tua, kelapa muda memiliki jumlah air yang lebih signifikan. Minuman ini juga kaya akan elektrolit seperti kalium, natrium, dan mangan. Selain itu, terdapat kandungan fenol dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Nutrisi lain yang turut serta mendukung kesehatan termasuk karbohidrat, serat, kalsium, protein, vitamin C, kalium, dan fosfor. Semua kandungan ini memberikan berbagai manfaat kesehatan dari air kelapa muda.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari air kelapa muda yang telah dirangkum:

 

– Menurunkan Kadar Gula Darah

Air kelapa muda dapat menurunkan kadar gula darah, yang membuatnya baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes.

Hal ini dikarenakan oleh kandungan magnesium, kalium, dan L-arginine yang meningkatkan efektivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

 

– Memenuhi Kebutuhan Elektrolit

Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangat penting, karena mineral ini berperan dalam mendukung fungsi sel dan jaringan serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Ketika tubuh kehilangan elektrolit karena aktivitas fisik atau kondisi tertentu seperti diare, muntah, atau dehidrasi, air kelapa muda dapat menggantikan elektrolit yang hilang dan memulihkan keseimbangan cairan.

 

– Mencegah Penyakit Jantung

Air kelapa muda juga berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung karena tidak mengandung kolesterol dan lemak. Kandungan antioksidan yang tinggi juga membantu menjaga kesehatan jantung.

 

– Mencukupi Kebutuhan Cairan

Air kelapa muda membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dengan kandungan air dan elektrolit yang tinggi, terutama natrium dan kalium, yang mendukung keseimbangan cairan tubuh.

 

– Mencegah Jerawat

Dengan senyawa antibakteri, air kelapa muda diduga dapat mencegah jerawat, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

 

– Mencegah Kanker

Antioksidan dalam air kelapa muda dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

 

– Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam air kelapa muda penting untuk mengatur tekanan darah.

Kalium adalah mineral yang membantu mengontrol tekanan darah normal dengan cara mengimbangi efek natrium yang cenderung meningkatkan tekanan darah pada tubuh.

Konsumsi air kelapa muda yang kaya akan kalium juga bermanfaat dalam merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Selain itu, manfaat kalium lainnya adalah untuk mengatur irama dan pompa jantung, mendukung aktivitas listrik saraf, mengendalikan kontraksi otot dan metabolisme sel, sekaligus menjaga keseimbangan elektrolit.

 

– Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat air kelapa muda bagi tubuh berikutnya adalah menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

Kandungan air kelapa muda, seperti Vitamin C, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

Cara Konsumsi Air Kelapa yang Tepat

Berdasarkan kandungan nutrisinya, air kelapa muda dapat menjadi pilihan minuman sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang direkomendasikan.

Mengonsumsi air kelapa muda secara berlebihan dapat memberikan efek samping, seperti hiperkalemia.

Selain itu, pastikan juga untuk memilih air kelapa segar dan alami tanpa tambahan gula.

Hal tersebut dikarenakan air kelapa muda sudah mengandung gula alami.

Manfaat air kelapa muda memang baik untuk kesehatan.

Namun, jika memiliki kondisi kesehatan yang mengharuskan Anda membatasi asupan kalium dan natrium, sebaiknya hindari terlalu banyak minum air kelapa muda guna menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Exit mobile version