Bawaslu Batang Terjunkan Ratusan Anggota Bekali SIMP Dalam Apel Siaga

banner 120x600

BERITAU.ID, BATANG – Dalam rangka persiapan pengawasan Pemilu 2024, Batang Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Batang menggelar Apel Siaga di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Rabu (22/11/2023).

Ketua Bawaslu Batang Mahbrur mengatakan pada Apel Siaga Pemilu 2024, Bawaslu menerjunkan 340 anggota dalam mengawasi dan antisipasi jika adanya kecurangan. Anggota Bawaslu yang diterjunkan yakni Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa yang ada di 15 Kecamatan.

banner 325x300

“Pengawasan tahapan Pemilu akan dimulai pada tanggal 28 November 2023 hingga 10 Juni 2024 persiapan ini dilakukan dari tingkat desa sampai kabupaten,” jelas Mahbrur.

Tahapan pengawasan pemilu tidak terasa sudah dijalankan hampir setahun ini, dan pada tanggal 20 November 2023 kemarin melakukan penertiban Alat Peraga Sosialisasi (APS) di Kabupaten Batang dengan menyita 2.897 APS melanggar.

“Atas adanya pelanggaran ini, tentunya perhatian khusus bagi partai politik di Kabupaten Batang akan kami undang untuk dilakukan imbauan kembali. Jika dengan imbauan tidak efektif, maka baru akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan pemilu,” tegasnya.

Ke depan akan dimulainya tahapan kampanye Bawaslu Batang menyiapkan form A dan akan menyiapkan SIMP yang artinya Soliditas, Integritas, dan Mentalitas serta Profesionalitas.

“Kalau pengawasan sudah menyiapkan SIMP, nantinya Pemilu 2024 akan bersih tidak ada intervensi dari pihak manapun,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Batang Agung Wisnu Barata menyampaikan peran Pemkab Batang terhadap Pemilu 2024 yaitu pertama menyiapkan data pemilih. Kemudian, mempersiapkan sumber daya manusia seperti sekretariat di Bawaslu dan Kecamatan akan dibantu untuk personelnya.

“Termasuk dengan sarana dan prasarana untuk kantornya di Kecamatan sudah kami siapkan juga,” ungkapnya.

Karena Pemilu 2024 anggaran dari pusat, lanjutnya, tetapi untuk Pilkada anggaran sudah kami transfer ke rekening KPU maupun Bawaslu Kabupaten Batang.

“Semoga Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan mekanismenya masing-masing dan dengan prosedur yang ada mencegah adanya pelanggaran yang terjadi,” ujar dia.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *